Percetakan Pemula Harus Tau Jenis Mesin Digital Printing Beserta Fungsinya

Di Era modern ini bisnis di bidang percetakan atau printing memang tergolong sebagai bidang usaha yang memiliki peluang cukup besar. Di jaman Sekarang Tidak hanya orang pekerja kantoran saja, melainkan anak-anak sekolah kini sangat membutuhkan untuk menyelesaikan pengerjaan tugas di sekolahnya. Sehingga bisa dijadikan sebagai pertimbangan Kamu yang lagi bingung pilah-pilih berwirausaha di bidang digital printing. Jika berbicara mengenai modal yang harus dikeluarkan sepertinya tidak begitu besar, cukup dengan membeli mesin cetak atau printer dan menyediakan tempat saja, ditambah juga beberapa perlengkapan pendukung seperti Laptop Maupun Komputer.



Pengalaman pribadi saya pernah membuka usaha cetak kecil-kecilandirumah, hanya degan bermodalkan komputer dan printer saja. Dan hasilnyapun lumayan karena banyak dari segala kalangan mulai dari pelajar sampai orang dewasa yang membutuhkan jasa saya untuk mencetak dokumen atau mencetak foto. Alhamdulillah semua itu berkat Doa dan kerjakeras hingga bisa memajukan usaha saya.

Berbicara tentang alat cetak ini sendiri di pasaran memang tersedia cukup banyak, dan jelas berbeda dengan mesin printer biasa, ukurannya lebih besar dan juga memiliki kemampuan dalam mencetak dokumen lebih cepat dan juga kapasitasnya besar. Biasanya tidak banyak digunakan pada bidang usaha saja, melainkan juga perkantoran banyak yang sudah menyediakannya secara langsung.

Adapun beberapa jenis alat cetak yang harus Kamu ketahui, agar tak salah dalam membeli, diantaranya adalah:


1. Mesin Offset, mesin offset ini paling banyak digunakan oleh pengusaha percetakan, karena dapat mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak secara cepat, itulah mesin offset tidak heran seandainya mayoritas yang memakainya adalah para pelaku pengusaha percetakan. Kualitas cetakan yang dihasilkanpun sangat bagus, baik itu untuk hasil warna maupun gambar nya.

2. Mesin Digital printing, seiring dengan perkembangan teknologi, maka produk yang juga cukup baru ini dikeluarkan di pasaran, inovasi terbaru yang banyak dipakai oleh beberapa perusahaan karena mampu bekerja secara otomatis. Fitur yang disediakan pada jenis mesin ini juga terbilang begitu banyak, tidak hanya cocok dipakai untuk mencetak biasa, melainkan juga berwarna seperti diantaranya adalah brosur, kalender, banner, foto dan lainnya.

3. Mesin Flexography, ini adalah mesin yang pemakaiannya tidak hanya untuk mencetak berbahan kertas saja, melainkan juga bisa mencetak pada media kemasan yang lainnya, diantaranya adalah berbahan plastik, karung, karung kertas dan sejenisnya. Harganya memang lebih mahal, namun sesuai dengan fungsinya yang cukup tinggi tersebut.

4. Mesin Gravure, mesin gravure ini juga sedikit berbeda dengan alat cetak pada umumnya, karena media yang dipakai untuk mencetak berbahan keras seperti diantaranya adalah kayu atau MDF, sehingga hasil akhir dari cetakan nantinya adalah berbentuk ukiran dan tak akan mudah hilang, banyak dipakaidalam industri manufaktur.

Penting untuk Kamu dalam mengenal jenis dari mesin cetak ini sehingga Kamu tidak akan salah dalam membeli mesin, kenali terlebih dahulu kebutuhanmu, berbeda produk maka tawaran harga yang diberikan juga jadi jauh berbeda. Hendaknya pilah-pilih mesin yang berkualitas awet dan bisa menguntungkan, pertimbangkan spesifikasi dari mesin tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya, sesuaikan dengan usaha yang Kamu jalankan, jika tingkat produktivitasnya tinggi, maka pilihlah yang bagus sekalian jangan tanggung pilih yang kualitas biasa agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang bingung dalam mencari mesin cetak dan ingin membuka peluang bisnis digital printing.

Posting Komentar

0 Komentar