Jika Anda mencari informasi mengenai ide bisnis tanpa modal, menurut saya Anda bukanlah seorang pebisnis. Bahkan waktu pun bisa menjadi modal terbesar bukan!. Begitu juga dengan keahlian, Paket kuota internet, Uang Transportasi dan masih banyak yang lainnya. Akan tetapi, jika Kamu hanya memiliki modal yang minim (sedikit) dan ingin berbisnis, mungkin dengan memulai usaha cetak undangan dirumah bisa menjadi inspirasi Kamu selanjutnya.
Menurut saya, usaha cetak undangan rumahan ini adalah salah satu ide bisnis yang ada dan cukup sesuai bagi Kamu yang akses terhadap dunia permodalan seperti kredit di Bank sangat susah atau karena ingin menghindari riba.
Disisi lain, Anda memiliki hasrat yang sangat besar terhadap dunia bisnis namun mungkin dihadapkan pada beberapa kondisi seperti berikut ini:
- Hanya memiliki modal yang sedikit (mungkin
hanya siap ratusan ribu atau 1 jutaan dari sisa tabungan).
- Sedang
bekerja di kantor namun tetap ingin menjalankan bisnis kecil-kecilan di rumah
dimana penggunaan waktu bisa sangat fleksibel.
- Berencana
untuk resign dari kantor tempat Anda bekerja saat ini dan ingin memulai
bisnis sebagai penopang hidup kedepannya.
- Dan masih banyak lagi.
Jika Anda setidaknya memiliki kemampuan mendesain undangan pernikahan menggunakan CorelDraw atau mungkin Photoshop, maka Anda sudah bisa memulai bisnis tersebut kapanpun Anda inginkan.
Kalaupun Anda tidak memiliki keahlian desain tersebut, nanti akan saya beritahu bagaimana cara mengakalinya.
Anda boleh percaya atau tidak dengan apa
yang akan saya informasikan selanjutnya mengenai cara memulai bisnis undangan
modal minim atau kecil inia. Baik untuk undangan pernikahan maupun yang
lainnya.
Cara memulai
Langsung saja pada inti bagaimana Anda
bisa mengikuti cara memulai usaha ini sebagaimana yang pernah saya jalani.
1. Cari dan ajak kerjasama usaha percetakan undangan
lain yang bisa Anda datangi.
Kemudahan yang saya maksudkan adalah
biaya bahan bakar bisa menjadi sedikit karena bagaimana pun, Anda harus
berhemat dari awal dan juga bisa menghemat waktu. Apalagi ketika bolak-balik
mengecek pesanan undangan nantinya jika Anda akan mendapatkan klien.
Manfaat lainnya adalah agar Anda bisa
lebih mudah untuk dipercaya ketika mengajukan kerjasama. Jika Anda mengatakan
dimana tempat tinggal Anda yang tentunya dekat dengan percetakan tersebut, maka
peluangnya pun bisa lebih besar untuk dipercaya.
Dalam mengajukan kerjasama, jelaskan
bagaimana Anda akan memasarkan jasa Anda (nanti saya infokan juga caranya) agar
pihak percetakan bisa lebih yakin lagi bahwa Anda serius untuk berbisnis dengan
mereka.
Setelah itu, ajukan harga undangan Anda
sendiri atau bicarakan bagaimana baiknya. Yang penting, Anda diberikan harga
khusus yang lebih murah agar bisa mengambil selisih keuntungan dari harga
undangan yang nantinya akan Anda pasarkan.
Jika Anda tidak ingin menaikkan harga
undangan sama sekali untuk mendapatkan keuntungan, maka negosiasi dengan pihak
percetakan adalah menggunakan sistem komisi.
Dari apa yang pernah saya jalani,
terkadang 1 desain undangan pernikahan yang dicetak hingga seribuan lembar,
saya bisa mendapatkan komisi sekitar atau hampir 500-ribuan.
Jadi, siapkan diri Anda untuk mengajukan
sistem kerjasama seperti apa yang akan disepakati. Jika dari kedua model
kerjasama diatas tidak disetujui oleh pihak percetakan yang Anda datangi, cari
saja percetakan lainnya atau pikirkan cara apa yang lebih baik menurut Anda.
Oh ya, jika pihak percetakan undangan
atau printing tidak bisa diajak kerjasama, coba cari penerbit
buku kecil-kecilan di daerah Anda. Biasanya, alat yang mereka miliki juga
memungkinkan untuk mencetak undangan karena media utamanya adalah kertas.
Jika masih tidak ada juga, coba cari
jasa sablon di daerah Anda. Biasanya tukang sablon juga banyak yang tahu
bagaimana cara mencetak undangan.
2. Jenis kertas undangan yang digunakan dan sistem finishing pihak percetakan
Karena kita berbicara usaha yang lebih
utama menggunakan media kertas untuk dijadikan sebagai undangan, maka Anda juga
harus mengetahui beberapa jenis kertas yang ditawarkan oleh pihak percetakan
yang Anda ajak kerjasama.
Semakin variatif, semakin bagus karena
Anda bisa lebih banyak memberikan pilihan kepada konsumen. Dan, Anda bahkan
bisa merekomendasikan kepada pembeli mengenai jenis kertas undangan seperti apa
yang bagus untuk digunakan.
Hal ini juga berguna untuk diketahui
karena jenis kertas yang berbeda, juga memiliki harga yang berbeda pula.
Tergantung tebal-tipisnya kertas yang digunakan.
Jangan lupa juga dengan sistem finishing yang
diterapkan oleh pihak percetakan. Sistem tersebut bisa menyangkut beberapa hal
yaitu:
- Jika undangan harus dilipat, harga yang ditentukan sudah termasuk proses melipat undangan atau tidak?
- Proses laminasi undangan beserta harganya. Ada percetakan yang juga tidak memberikan harga laminasi untuk setiap undangan yang dicetak. Jadi baiknya langsung ditanyakan saja. Sistem laminasi yang biasanya digunakan adalah menggunakan doff dimana undangan tampak sedikit lebih tebal dan seolah tidak dilapis sama sekali dan juga laminasi Glossy dimana permukaan kertas undangan menjadi lebih mengkilap.
- Proses pengemasan dan pengiriman barang. Pihak percetakan undangan yang saya ajak kerjasama sebelumnya tidak memungut biaya pengepakan dan juga pengantaran barang ke lokasi pengiriman. Jadi saya cukup menginformasikan mengenai jasa pengiriman apa yang digunakan dan tidak perlu capek-capek membawa undangan ke jasa pengiriman tersebut.
Mungkin masih ada lagi bagian lainnya
namun ketiga poin diatas bagi saya sangatlah penting karena bisa sangat
menghemat waktu dan juga biaya Anda. Apalagi kita sedang membicarakan usaha cetak
undangan rumahan modal kecil.
Dan ngomong-ngomong, dua cara memulai
bisnis undangan diatas memang belum memanfaatkan rumah Anda sebagaimana yang
dimaksudkan. Namun tujuannya tetap sama yaitu modal yang dibutuhkan sangat
sedikit dan juga tidak perlu repot.
Kita lanjut lagi ya?
3. Persiapan desain undangan untuk usaha rumahan Anda
Jika Anda memang sudah memiliki laptop
dan juga bisa mendesain undangan, maka siapkan koleksi desain Anda sebanyak
yang Anda mampu.
Namun, setidaknya Anda bisa memulainya dengan 10 desain agar ada beberapa pilihan yang bisa dipilih oleh konsumen Anda nantinya.
Menariknya, jika Anda tidak bisa memiliki kedua hal diatas, ada 2 pilihan lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu:
- Beli desain undangan yang sudah ada dalam bentuk file yang bisa di-edit. Untuk memulainya, cari penjualnya di marketplace seperti di BukaLapak, TokoPedia, dan sebagainya. Banyak kok. Pengeditannya memang akan menggunakan laptop lagi, namun setidaknya pekerjaan utama membuat desainnya sudah terlewati. Untuk laptop atau PC, pinjam saja dulu sama teman atau keluarga Anda.
- Beli blangko undangan. Untuk cara ini, biaya yang dikeluarkan bisa sangat murah karena blangko undangan adalah undangan yang sudah jadi dan Anda tinggal memasukkan materi undangannya saja. 1 blangko bahkan bisa seharga 300 – seribuan lebih rupiah. Sesuiakan dengan dana atau target pasar Anda.
4. Jika harus mencetaknya sendiri, gunakan saja
dulu printer yang murah
Untuk usaha cetak undangan rumahan Anda,
jika Anda memutuskan untuk mencetak undangannya sendiri, mulai saja dengan
menggunakan printer yang murah atau beli yang bekas.
Penggunaan printer ini akan lebih baik
lagi jika kertas dan jenis undangannya dalam bentuk blangko seperti yang saya
sebutkan diatas. Hal ini disebabkan karena jenis kertas yang digunakan biasanya
agak tipis namun masih tetap layak untuk dijadikan sebagai sebuah undangan
bahkan untuk tujuan pernikahan sekalipun.
Tidak memiliki printer dan tidak ingin
bekerjasama dengan pihak percetakan undangan? Cari tempat fotocopy karena biasanya
sudah sangat memungkinkan untuk melakukan pencetakan undangan terutama dalam
bentuk blangko.
5. Mulai pasarkan jasa cetak undangan rumahan Anda secara digital (online)
Untuk mulai memasarkan jasa cetak
undangan Anda, cara tercepat untuk melakukannya adalah secara online. Terutama
menggunakan media sosial. Jadi, ketika nanti Anda login ke Facebook, Twitter,
Instagram, dan lain sebagainya.
Pada tahap ini, Anda sudah memiliki 1
konten baru untuk dijadikan status, yaitu yang berhubungan dengan usaha modal
kecil Anda tersebut. Dan lakukan itu setiap hari dibarengi dengan status
pribadi Anda lainnya agar teman-teman Anda tidak bosan melihat update terbaru
dari Anda.
Bahkan, sangat disarankan untuk membuat
akun atau halaman khusus di media sosial untuk usaha baru Anda ini agar lebih
profesional lagi. Jika diperlukan, buatlah situs atau blog khusus mengenai
usaha tersebut.
Dengan begitu, maka peluang anda untuk
memasarkan layanan cetak undangan rumahan ini menjadi lebih luas lagi.
6. Informasikan keluarga, teman dan kolega Anda
mengenai bisnis baru tersebut
Meskipun Anda yakin bahwa mereka sudah
akan melihat status di Facebook Anda mengenai jasa cetak undangan rumahan modal
minim ini, beritahukan ulang bisnis tersebut melalui SMS, aplikasi WhatsApp,
Line dan sebagainya.
Pengulangan informasi seperti ini untuk
mencegah jangan sampai ada yang terlewatkan oleh mereka dan agar bisnis Anda
tidak dilupakan karena banyaknya informasi yang dikonsumsi oleh setiap orang
ketika berselancar di internet atau membuka media sosial.
Anda bisa menginformasikannya secara
pribadi melalui pesan langsung (DM, japri atau istilah lainnya) dan jangan lupa
juga untuk meng-update status di WA Anda. Kalu bisa sertakan langsung dengan
nama situs atau halaman Facebook bisnis tersebut yang dapat dikunjungi.
7. Mendapatkan ide konten media sosial untuk
memasarkan bisnis baru Anda
Pernah tidak mengalami kebuntuan
mengenai status apa yang harus diposting di Facebook atau Instagram untuk mulai
memasarkan bisnis jasa cetak undangan? Untuk mengatasi hal tersebut dan agar
Anda bisa tetap update setiap hari, maka cari akun media sosial bisnis yang
sejenis dan contek apa yang mereka lakukan.
Istilahnya ATM : Ambil, Tiru, dan
Modifikasi.
Jika Anda meluangkan waktu Anda beberapa
jam hanya dalam sehari saja, Anda bahkan sudah bisa memiliki ide status yang
akan diposting untuk jangka waktu sebulan atau bahkan lebih.
Gunakan status pesaing Anda atau mereka
yang memiliki bisnis yang sama dengan Anda di media sosial untuk kepentingan
konten bisnis Anda dan modifikasi sesuai dengan gaya bahasa Anda sendiri.
Jadi, tidak ada lagi alasan bahwa Anda tidak tahu mau memposting apalagi. Please deh! Itu saja.
Lebih lanjut. Jika di masa depan bisnis
Anda akan lebih maju lagi, maka Anda bisa memanfaatkan platform periklanan
seperti Facebook Ads, Instagram Ads, ataupun Google Ads atau yang awalnya
disebut sebagai Google Adwords sebagai bagian penting dari SEM
(Search Engine Marketing).
Demikian cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai usaha cetak undangan rumahan modal kecil. Semoga bisa membantu.
0 Komentar